Membangun Cloud File Server Dengan All In One Server Synology DiskStation

Hallo Mitratek Readers, … terima kasih sudah setia baca-baca artikel di mitratek. Hari ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang kemampuan dan fitur Storage Server Multi Fungsi  yang dapat memenuhi beberapa macam kebutuhan utama dalam IT sekaligus atau untuk mudahnya kita sebut saja dengan All In One Server.

Ok, kita mulai coba dari kebutuhan umum sarana IT dalam sebuah institusi

.: Kebutuhan Dasar (Primer) antara lain :

  • – File Server atau server yang berfungsi untuk menyimpan dokumen elektronik
  • – BackUp Server yaitu server yang berfungsi untuk backup dokumen sebagai penjamin keamanan  dokumen
  • – Web Server yaitu server yang berfungsi untuk memberikan layanan aplikasi berbasis web (web site dll)
  • – Database Server yaitu server yang berfungsi untuk menampung data dari web site dan program aplikasi

.: Kebutuhan Optional (Sekunder) :

  • – Email Server yaitu server untuk layanan email
  • – NVR Server kepanjangan dari Network Video Recording yaitu server untuk menampung rekaman video dari IP Camera
  • – Audio Server yaitu server yang dapat memancarkan audio (audio streaming) layaknya radio online
  • – Video Server yaitu server yang dapat memancarkan video (video streaming) layaknya TV Online

Dari sekian kebutuhan fitur tersebut, pernahkan terfikirkan akan tersedia dalam satu server ? hehehe kayaknya berat ya dan mungkin masih ragu apakah mungkin semua itu bisa dilakukan  ?

Ok, saya akan tunjukkan All In One Server tersebut ….

Sebenarnya ada beberapa server yang memiliki kemampuan seperti itu, meski tidak sama persis, tapi kali ini saya baru bisa berbagi untuk Merk Synology DiskStation karena baru ini yang sudah saya coba untuk memenuhi beberapa kebutuhan di atas.

Synology DiskStation merupakan Hybrid Storage Server yang dapat berfungsi sebagai file server atau NAS (network attach Storage) maupun sebagai SAN (storage area network) melalui layanan iSCSI nya.  Selain sebagai NAS dan SAN, Synologi juga memiliki semua fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder seperti tersebut di atas, sudah include dalam paket pembeliannya. aplikasi tersebut terbagi dalam kategori BackUp, Multimedia, Business, Security dan Utility, jadi kita tinggal pilih fitur-fitur yang akan di aktifkan dengan cara yang sangat mudah dan User Friendly dengan panel pengaturan (console) berbasis web.

Paket Aplikasi dalam All In One Server Synology
Paket Aplikasi dalam All In One Server Synology

Melalui fitur Cloud Station atau File Server, maka kita akan dimudahkan dalam manajemen dokumen, kita tidak perlu lagi bingung tempat penyimpanan dokumen kita, karena semua dokumen bisa di akses dari mana saja secara online bahkan dapat di buka dari berbagai device mulai dari smartphone, tablet hingga laptop tidak peduli apapun Operating Systemnya semua bisa buka, edit bahkan synchron dengan setiap device yang dikehendaki. Jadi apapun jenis dokumennya, apapun devicenya, apapun operating systemnya dapat dilayani oleh All In One Server Synology Diskstation.

All In One Server Synology Diskstation
All In One Server Synology Diskstation

Untuk mendukung kemudahan aksesnya dari berbagai macam device, telah disediakan juga berbagai macam aplikasi baik berbasis android maupun IOS free dan siap pakai.

Mobile App All In One Server Synology
Mobile App All In One Server Synology

Dari sudut pandang keamanan datanya, All In One Server Synology Diskstation telah dilengkapai dengan fitur software otomatis backup, dan dari hardware juga diamankan dengan fitur SHR (synology hybrid raid) dimana kemampuan SHR lebih baik dari teknologi Mirrorring Disk Raid 5 yaitu dalam hal fleksibilitas besaran harddisknya bisa berbeda-beda dengan konsep mirror sebesar kapasitas harddisk yang terkecil dan partisi sisanya dapat dimanfaatkan untuk volume yang lain.

Kelebihan lain dari penggunaan All In One Server Synology Diskstation adalah hemat enargy mendukung gerakan green teknology, untuk type DS411 dengan kapasitas maksimal hingga 16 TB, hanya membutuhkan energi listrik kurang dari 100 Watt. Hal tersebut masih dilengkapi lagi dengan fitur power manajemen sehingga All In One Server Synology Diskstation dapat dikonfigurasi untuk shutdown dan startup secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Power Management All In One Server Synology
Power Management All In One Server Synology

Hehe, cukup komplit kan … !!  Mudah-mudahan dapat memberikan tambahan wawasan dan referensi bagi Mitratek Reader agar bisa hidup dengan lebih hemat, lebih mudah dan lebih nyaman … 🙂

Salam, buat Pak Mualimin (SMAN 1 Lamongan) dan Pak Syifa (SD Khadijah Surabaya) …

Baca Juga Membangun IP Phone, Telepon Bebas Pulsa

Dapatkan berbagai macam alat elektronik kebutuhan anda di Sahabat Tekno Tokopedia
(Mitratek Groups) 081938685773 / PIN BB 5211702F

tokopedia
pulsabook banner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X