Ubah Nomor Port Remote Desktop

Ubah Nomor Port Remote Desktop

Terkadang kita masih membutuhkan Remote Desktop untuk kita akses dari public internet. Port number standart dari Remote Desktop adalah 3389, namun terkadang kita butuh untuk merubah nomor tersebut terkait dengan alasan security atau hal yang lain.

Kebetulan kemarin lagi butuh hal tersebut untuk memberikan bantuan Remote Support salah satu sekolah di Gresik dan Googling ketemu jawabannya, jadi agar tidak lupa saya tulis di blok untuk kebutuhan kedepan sekaligus sharing buat teman-teman mungkin ada yang membutuhkan informasi yang sama.

Untuk merubah nomor port tersebut terdapat beberapa cara dan salah satu caranya adalah melalui Windows Registri seperti cuplikan yang saya ambil dari situs microsoft sebgai berikut :

Open up Registry Editor by running Regedit.  Then navigate to HKEY_LOCAL_MACHINE, SYSTEM, CurrentControlSet, Control, Terminal Server, WinStations and RDP-Tcp.  Right click on the PortNumber dword and select Modify.  Change the base to Decimal and enter a new port between 1025 and 65535 that is not already in use. Finally click OK

remote desktop port registri
remote desktop port registri

Untuk mengaksesnya di aplikasi remote desktop client tinggal tambahkan portnya di belakang alamat IPnya seperti contoh dalam gambar berikut :

Remote Desktop Client
Remote Desktop Client

Ok, semoga catatan singkat ini dapat  bermanfaat bagi banyak pihak …..  🙂

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *