Face Detection, Finger & SmartCard

mesin absensi wajah (face detEction) dan fitur adms

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan, juga memenuhi protokol kesehatan Covid 19, kami meluncurkan Update Software Aplikasi Absensi kami “Mitra Finger” sekaligus juga pilihan penggunaan mesin absensi baru menggunakan sensor wajah (face detektion) tanpa memerlukan sentuhan jari sehingga lebih aman dari Covid 19.

Ok, saya akan coba jelaskan tentang mesin absensi Face Detection dulu. Kami merekomendasikan mesin Solution X606s Gambar 01. yang sudah kami pastikan fitur dan kompatibilitasnya dengan software kami.

Spesifikasi :
– Kapasitas User : 1.500 Sidikjari, 1.200 Wajah, 2.000 Kartu Kapasitas
– Transaksi Log : 100.000 Transaksi
– Jenis Komunikasi PC : TCP/IP (RJ45), RS232, USB Disk
Fitur Stardard : TFT LCD Full Color 2,8 Inch, Infrared Camera Resolusi Tinggi,
RFID Proximity, Personal PhotoID, USB Flash Disk, Door Controller, Alarm Function,
Scheduled Bell, 6 Function Key, dll

Gambar 01. Solution X606s
Face Detection, Finger & Smart Card

Mesin ini memiliki kemampuan cukup komplit (multi sensor), jadi selain dapat melakukan absensi wajah dan sidik jari, juga memiliki sensor smart card atau kartu pintar RFID sehingga memungkinkan juga untuk melakukan absen menggunakan kartu identitas seperti kartu pelajar, kartu pegawai dll. Mesin ini juga memiliki teknologi pengiriman data yang fleksibel, bisa di setting mode Web Server maupun ADMS (automatic data master server).

Dari sudut pandang kelengkapan sensor detection sudah kelihatan cukup Power Full kemampuan mesin ini, menariknya lagi adalah fitur ADMS. Fitur ini memungkinkan mesin absensi dapat terkoneksi langsung dengan servernya melalui jaringan internet sehingga dapat memangkas biaya investasi penyediaan komputer lokal untuk absensi. Fitur ADMS bekerja mengirim data absensi secara otomatis, sehingga dapat mengurangi problem keterlambatan pengiriman data absensi akibat kerusakan komputer absensi dll. Lihat Gambar 02 bagian kanan Mesin Absensi Kantor Cabang 2 dan 3.

Berikut gambaran perbedaan model pengiriman data absensi berbasis Web Server dan ADMS

Gambar 02. Perbedaan Model Absensi Web Server dan ADMS

Pengalaman yang sering terjadi di beberapa pelanggan kami (sekolah) yang masih menggunakan mesin absensi dengan model pengiriman data Web Server, adalah data absen tidak terkirim secara real time dikarenakan adanya gangguan pada PC yang digunakan untuk menarik (download) data absensi. atau bahkan sering kali PCnya belum dinyalakan dan masih menunggu petugasnya 🙂
Lihat Gambar 02. Bagian Kiri Kator Pusat dan Kantor Cabang 1

Dari gambar di atas terlihat Model absensi dengan menggunakan ADMS lebih hemat biaya penyediaan komputer lokal, mengurangi kemungkinan problem di sisi komputer lokal juga pengiriman data yang otomatis dan hampir Real Time.

Hehehe,… mudah mudahan uraian saya diatas dapat memberikan gambaran yang lebih jelas perihal pilihan software dan mesin absensi serta bisa menjadi referensi dalam melakukan pemilihan varian produk absensi yang ada. Oh ya selain type X606s bisa juga menggunakan mesin type x900 dengan fitur yang hampir sama dan kapasitas yang lebih besar.

Ok prend… sementara sekian dulu ya … Caiiyoo … sampai ketemu di artikel yang akan datang, “Absensi Plus Sensor Suhu Badan” 🙂 semoga bermanfaat.

Hallo Pak Maman YTPSNU Khadijah Surabaya, Pak Andhik SMAM 1 Gresik dan Pak Yugo Majelis Dikdasmen Muhammadiyah PCM GKB Gresik, … Monggo kami siap bantu kalau mau Update Softwarenya …. 🙂

Salam,
Nanang Arief Setiawan

1 COMMENTS

    Terima kasih infonya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X