Software Administrasi Sekolah Dan Pembelajaran Online

Sekolah saat setelah masa pandemi, ibarat pepatah jawa “cincing-cincing gak wurungo teles” … angkat celana biar gak basah, ternyata masih basah juga, ya sudah selami saja sekalian. Sekolah, guru dan siswa selama 1 tahun lebih di masa pandemi ini, suka atau tidak suka seolah dipaksa untuk belajar dengan cara baru, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sekolah online. Dengan demikian sekarang sudah  terbentuk cara baru, budaya baru dalam proses pembelajaran. Guru dan Siswa sekarang sudah mulai terbiasa dan nyaman dengan cara dan budaya pembelajaran online yang baru (PJJ).

Waktu terus berjalan, dan badai pandemi semoga segera berlalu, saatnya kini untuk mulai lagi dengan model Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali. Ada perasaan aneh yang muncul dalam batin teman guru dan siswa, kemundurankah ini ? kembali ke model pembelajaran tatap muka ? …. sudah terlanjur basah 🙂 dan sudah merasa nyaman dengan budaya pembelajaran online, berat rasanya untuk kembali lagi ke kondisi semula.

Bagi sebagian orang PJJ yang didukung dengan sarana dan teknologi yang tepat, dirasa lebih mudah dan lebih nyaman. Tapi pembelajaran tatap muka juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pembelajaran jarak jauh diantaranya adalah dalam hal interaksi sosial. Kombinasi pembelajaran tatap muka dan online sepertinya akan menjadi pilihan yang lebih bijak.

Sekolah konvensional (PTM) dengan tambahan Layanan Administrasi Sekolah dan Pembelajaran Online sepertinya akan menjadi Trend Baru dalam dunia pendidikan kedepan. Dimana kombinasi Layanan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan model sekolah dengan pembelajaran tatap muka maupun model pembelajaran jarak jauh.

Lalu bagaimana dan apa saja kira-kira yang dibutuhkan sekolah untuk dapat memberikan layanan tersebut.

  • Sekolah harus memiliki sarana baik itu berupa perangkat keras (hardware), Smart Server, Cloud VPS dll.
  • Sekolah juga harus mengembangkan dan memiliki Software Administrasi Sekolah dan Pembelajaran Online
  • Sekolah juga harus menyiapkan guru dan petugas yang siap dan sigap dalam memberikan Layanan Administrasi Sekolah dan Pembelajaran Online

Intinya, seluruh warga sekolah, guru, siswa hingga wali siswa harus dapat dengan mudah dan nyaman dalam mendapatkan akses informasi, Layanan Administrasi serta Layanan Pembelajaran Sekolah seperti :

  • Informasi Rencana Pembelajaran
  • Informasi dan Layanan Pembelajaran Online
  • Informasi Penilaian (Raport) Sekolah Online
  • Informasi Absensi Sekolah Online
  • Informasi dan Layanan Pembayaran Online
  • Informasi tentang Kesehatan Siswa dan Warga Sekolah Online

           

Dengan demikian harapan tentang kemudahan adminstrasi sekolah dan pembelajaran dapat dicapai dan dirasakan oleh seluruh warga sekolah.

Berikut beberapa hal yang harus (Penting!!) diperhatikan saat Membangun atau Memilih Sarana Layanan Sekolah :

  • Sistemnya yang dibangun harus mampu bekerja secara “Terintegrasi”, “Handal” serta bersifat “Dinamis” sehingga mampu mengadopsi terhadap kebutuhan pengembangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.
  • Jika harus membeli, cari informasi yang detail, jangan membeli software seperti pepatah membeli kucing dalam karung, sebisa mungkin mintalah Demo Software agar dapat mencoba dan menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah.
  • Pilih Mitra kerja yang memiliki Layanan Support mulai Instalasi, Pelatihan, Pendampingan hingga Proses Pemeliharaannya jika diperlukan.

Kabar gembiranya … kami siap membantu untuk memenuhi kebutuhan tersebut,  silahkan kunjungi Link Layanan Kami :

Kami juga memberikan layanan custom software sekolah hingga layanan pesanan pembuatan software aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih, sudah berkunjung dan menyimak artikel kami, semoga bermanfaat… Aamiin

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X