APLIKASI SISTEM CBT (Computer Based Test)

APLIKASI SISTEM CBT (Computer Based Test)

Aplikasi Computer Based Test (CBT) merupakan sistem ujian online yang menggunakan sarana jaringan komputer. Aplikasi ini berbasis web, dapat berjalan baik melalui jaringan komputer intranet sekolah ataupun jaringan internet publik. Aplikasi CBT dapat diintegrasikan dengan jurnal pembelajaran sekolah sehingga mampu memberikan layanan pembelajaran terpadu Learning Management System (LMS).

1. Dapat meminimalisasi kecurangan siswa saat melaksanakan ujian, seperti :

  • Informasi pemberitahuan sebelum mengerjakan ujian
  • Saat ujian berlangsung ketika siswa mencoba keluar dari aplikasi CBT, sistem akan mendeteksi dan akan menampilkan peringatan
  • Jika siswa mencoba keluar dari aplikasi CBT sebanyak 3x, maka sistem akan melakukan logout secara otomatis di akun siswa tersebut

2. Informasi statistik hasil ujian lengkap beserta analisis butir soal

3. Jenis soal multiple choice dengan jawaban lebih dari satu

4. Registrasi ujian siswa

5. Fitur manajemen bank soal

6. Topik

7. Fitur template ujian

8. Monitoring ujian

9. Ekspor laporan rekap hasil ujian

  • Keamanan dan Integritas: Aplikasi CBT sering kali dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, seperti pengawasan pengguna melalui webcam, deteksi kecurangan, dan enkripsi data. Ini membantu menjaga integritas tes dan mencegah kecurangan.
  • Analisis Data yang Mudah: Data hasil tes dapat secara otomatis terkumpul dan tersimpan dalam basis data, memungkinkan analisis yang lebih mudah dan cepat. Hal ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kinerja peserta, kekuatan dan kelemahan mereka, serta area yang perlu ditingkatkan.
  • Efisiensi Waktu: Sistem CBT memungkinkan pengujian dilakukan secara online, menghemat waktu dalam proses administrasi seperti distribusi, pengumpulan, dan penilaian tes.
  • Fleksibilitas: Dengan menggunakan aplikasi CBT, pengujian dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja, selama terhubung dengan internet. Ini memberikan fleksibilitas bagi peserta tes dan pengelola untuk mengatur waktu tes sesuai kebutuhan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *