Manajemen Aset Sekolah

Manajemen Aset Sekolah

Mengapa perlu Manajemen Aset Sekolah ?

Sekolah adalah sebuah institusi pendidikan dimana dalam operasionalnya membutuhkan alat bantu untuk memanage dengan baik semua aset yang di miliki, serta mampu mempertanggung jawabkan keberadaan semua aset tersebut. Baik itu berupa aset tetap seperti tanah, gedung dan bangunan, peralatan komputer, kendaraan bermotor dll, ataupun aset tidak tetap dalam bentuk persediaan barang habis pakai (consumable aset) seperti alat tulis kantor, bahan kebutuhan praktek lab, alat kebersihan dll.

Software Manajemen Aset Sekolah, di rancang untuk memberikan kemudahan pengelolaan aset sekolah, mampu telusur dan sesuai dengan kebutuhan sekolah, mulai dari input data aset, informasi data aset, riwayat aset, nilai aset, status aset lengkap beserta beberapa laporan manajemen aset seperti Laporan Aset Dalam Persediaan, Laporan Daftar Aset Per ruang (DBR) dan Daftar Aset Per Penanggung Jawab dll. Seperti contoh dibaawah :

  1. Dashboard

Pada halaman dashboard, terdapat informasi yang bisa didapatkan, antara lain :

  • Total Aset Pada bagian ini menampilkan data total aset yang dimiliki oleh sekolah dan total nilai aset,
  • Status (Baik/Rusak) Pada bagian ini menampilkan data status aset yang dimiliki. Berapa banyak aset yang berada dalam kondisi baik dan berapa aset yang dalam kondisi rusak.
  • Jadwal Perawatan Pada bagian ini menampilkan data tentang jumlah aset yang sudah masuk masa perawatan.
  • Data masing – masing kategori aset Menampilkan data jumlah dan nilai aset masing-masing kategori.

2. Informasi Aset

Data aset sekolah adalah informasi yang mencakup semua properti, perlengkapan, dan barang-barang milik sekolah yang digunakan untuk operasional dan kegiatan pembelajaran. Ini bisa termasuk :

  • Gedung & Bangunan : Seperti ruangan, perpustakaan, dll.
  • Kendaraan : Seperti motor, mobil, dll.
  • Peralatan Komputer : Seperti komputer, laptop, mesin fotocopy, dll.
  • Furnitur : Seperti kipas angin, meja umum, meja siswa, dll.
  • Aset Lainnya : Seperti sound system, papan tulis, ac, dll.

3. Informasi Nilai Aset

Daftar data nilai aset bagi sekolah adalah catatan yang berisi informasi tentang nilai atau harga dari berbagai aset yang dimiliki oleh sekolah. Data ini mencakup penilaian finansial dari semua aset fisik dan non-fisik yang dimiliki sekolah, termasuk properti, perlengkapan, dan barang-barang lain yang digunakan untuk kegiatan operasional dan pembelajaran. Daftar data nilai aset biasanya mencakup informasi seperti :

  • No. Inventaris : Membantu dalam perencanaan anggaran dan audit. Ini juga penting untuk memastikan keamanan dan akuntabilitas terhadap barang-barang milik sekolah.
  • Nama Aset : Nama aset mencakup berbagai jenis properti atau barang yang dimiliki oleh sekolah.
  • Jenis Aset : Jenis aset yang dimiliki sekolah, seperti bangunan, perlengkapan, atau peralatan.
  • Tahun Perolehan : Informasi tentang tahun saat dibeli.
  • Nominal : Jumlah harga saat dibeli.

4. Manajemen Data Aset

Referensi jenis aset dapat mencakup berbagai kategori dan jenis aset yang dimiliki oleh sekolah atau institusi pendidikan lainnya.

Software Manajemen Aset Sekolah juga di lengkapi dengan fitur untuk kemudahan penelusuran aset dalam bentuk sticker Label QrCode, dimana cukup dengan scan QrCode menggunakan Smartphone, maka sistem akan menampilkan detail informasi perihal aset bersangkutan. Fitur lain yang cukup menarik yaitu kemampuan sistem memberikan informasi perihal kebutuhan periodik aset seperti jadwal pemeliharaan, ganti oli mesin, perpanjangan pajak STNK dll.

Gambar diatas merupakan tampilaan saat Anda melakukan scan qr code

Software aplikasi manajemen aset ini berbasis web dan tidak menuntut spesifikasi hardware yang tinggi, bahkan cukup dengan Web Hosting dengan space storage 10 Gb sistem sudah berjalan dengan baik. Namun demikian akan lebih baik lagi jika memungkinkan running di server lokal sekolah atau minimal menggunakan Virtual Private Server (VPS) untuk privasi dan keamanan datanya

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *