Membangun Server Sekolah Online Untuk Masa Pandemi Dan New Normal

Membangun Server Sekolah Online Untuk Masa Pandemi Dan New Normal

Mengamati perkembangan dan kebutuhan sekolah, khususnya dimasa Pandemi dan kelak saat New Normal,  saya melihat terdapat kebutuhan sekolah yang sangat mendesak, yaitu dalam bentuk alat bantu sarana penyelenggaraan Layanan Sekolah Online. Salah satunya adalah kebutuhan penyediaan Server Sekolah Online.

Tidak hanya cukup Server Sekolah Online biasa, namun Server ini dituntut untuk menjadi Server yang serba bisa dan mampu memberikan berbagai macam Layanan Sekolah Online, mulai dari layanan Web Site Sekolah, Administrasi Sekolah Online hingga layanan Pembelajaran Online. Sehingga Server ini layak di sebut sebagai Smart Server yang dapat menyediakan berbagai layanan sekolah yang di butuhkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekolah dapat memanfaatkan salah satunya adalah Server UNBK, yang mungkin sekarang sudah tidak diperlukan lagi. Server tersebut akan kita coba Rebuild sebagai Smart Server dengan beberapa fitur seperti Virtualisasi KVM, Multi OS, Support Dapodik, Web Site Sekolah, eLearning hingga beberapa layanan Aplikasi Sekolah Online.


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami memilih beberapa software yang Open Source sehingga dapat membantu meringankan biaya pengembangannya. Diantaranya adalah melalui kombinasi antara OS Linux Centos, VirtualMin, KVM dan Cockpit serta beberapa aplikasi sekolah.

Tahapan Instalasi adalah :

  1. Install Operating System Linux Centos
  2. Install Layanan Web Hosting, VirtualMin
  3. Install Virtualisasi KVM
  4. Install Web Console Cockpit
  5. Create Virtual Machine
  6. Install Virtual Machine Dengan OS Windows dan Dapodik
  7. Install Layanan Aplikasi Sekolah Online

Dimana dengan beberapa software tersebut Server akan mampu bekerja sebagai Smart Server Sekolah Online, Server serba bisa yang mampu memberikan layanan Aplikasi Sekolah Online. Selain mampu memenuhi kebutuhan Sekolah Online, konfigurasi Server Sekolah Online ini juga mampu memberikan kemudahan dan flexsibilitas dalam melakukan setting hingga pemeliharaannya yang dapat dilakukan semuanya (start / shutdown server, create dan config Virtual Mesin dll) cukup melalui Web Console Cockpit seperti gambar berikut :

Petunjuk detail cara instalasinya, silahkan ikuti link download Pandual Instalasi Smart Server Sekolah Online.

Ok, sementara sampai disini dulu ya, semoga menginspirasi dan membantu memenuhi kebutuhan penyediaan sarana Smart Server Sekolah Online Untuk Masa Pandemi dan New Normal.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *