5 Cara Untuk Meningkatkan Kesehatan Anda Dengan Bantuan Teknologi

Gelang Kesehatan

5 Cara Untuk Meningkatkan Kesehatan Anda Dengan Bantuan Teknologi

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Menjaga kesehatan dan melakukan usaha untuk meningkatkan kesehatan tentunya akan lebih baik daripada mengobati. Apalagi di tengah masa pandemi, menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini cara untuk meningkatkan kesehatan pun dapat menjadi semakin mudah. Meningkatkan kesehatan kini dapat dengan mudah dilakukan bagi kita yang sangat sibuk sekalipun. Dengan adanya bantuan teknologi, social distancing pun tidak menjadi hambatan untuk kita mendapatkan bantuan profesional dan meningkatkan kesehatan. Inilah 5 cara untuk meningkatkan kesehatan dengan bantuan teknologi.

1.     Aplikasi Telemedis

Saat ini banyak sekali aplikasi smartphone yang menawarkan bantuan medis dari profesional di bidangnya. Hal ini sangat membantu dan bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan, terutama saat stay at home menjadi prioritas kita.

Hanya dengan mengunduh aplikasi telemedis, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter bahkan dapat memberikan resep melalui aplikasi telemedis jika diperlukan. Menggunakan aplikasi telemedis sangat praktis, hemat waktu karena Anda tidak perlu mengantri di ruang tunggu klinik, dan lebih aman karena dapat Anda lakukan di rumah. Namun jangan lupa, aplikasi ini juga umumnya berbayar. Namun jika dibandingkan dengan biaya transportasi dan konsultasi dokter secara konvensional, aplikasi telemedis tentu jauh lebih hemat.

2.     Kasur Busa

Mengapa kasur busa adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan? Tahukah Anda, berbagai riset terbaru dalam dunia kesehatan menemukan bahwa kualitas tidur yang baik adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Kualitas tidur yang baik dan waktu tidur yang cukup dapat meningkatkan imun, metabolisme, daya ingat, kemampuan untuk berpikir, dan sebagainya. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan, diantaranya adalah obesitas dan stress.

Untungnya, saat ini tersedia berbagai jenis kasur busa dengan teknologi terbaru yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur Anda. Kasur busa yang baik juga dapat meringankan sakit punggung atau leher saat bangun tidur. Cek di sini untuk beberapa rekomendasi kasur busa.

3.     Smart Wristband

Smart wristband memungkinkan Anda untuk selalu mengontrol kondisi tubuh sekaligus tampil dengan lebih fashionable. Smart wristband dapat merekam jumlah langkah yang Anda lakukan saat berjalan, mengukur jarak dari mobilitas Anda, serta mengukur dan merekam denyut nadi dan tekanan darah Anda. Smart wristband juga dapat mengukur seberapa lama waktu yang Anda gunakan untuk tidur. Tentunya alat yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai kontrol untuk meningkatkan kesehatan. Namun saat data yang ditunjukkan oleh smart wristband terlalu ekstrim, segera bandingkan dengan device kesehatan lainnya. Karena akurasi data yang dihasilkan setiap jenis dan merk smart wristband tentu saja akan berbeda.

4.     Rekam Medis Elektronik

Dahulu, rekam medis pasien di klinik atau rumah sakit menggunakan cara manual dengan ditulis oleh dokter di atas kertas. Hasilnya, kadang rekam medis seseorang dapat menjadi keliru atau hilang karena faktor human error. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kini rekam medis pasien dapat dilakukan dengan menggunakan portal web rumah sakit yang bersangkutan. Data dan kondisi pasien pun dapat tersimpan dengan lebih rapi dan aman. Rekam medis elektronik juga memungkinkan transfer data pasien yang lebih cepat dan akurat.

5.     Database Online

Saat ini informasi kesehatan secara luas dapat ditemukan dalam internet. Misalnya dalam kondisi pandemi, Anda dapat mengakses sejauh mana perkembangannya secara real time dari internet. Database kesehatan kini banyak dishare secara online di sosial media atau di portal resmi dari lembaga kesehatan. Dengan begitu, kita menjadi lebih aware dengan kondisi kesehatan masyarakat secara luas dan lebih siap menentukan langkah apa untuk menyikapinya untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Perkembangan layanan kesehatan dan usaha untuk meningkatkan kesehatan tentu tak akan lepas dari perkembangan teknologi saat ini. Lima cara di atas hanya sebagian kecil saja tentang bagaimana teknologi dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan. Pastikan Anda selalu peka dan up to date mengenai perkembangan teknologi saat ini, khususnya yang membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *