Membangun IP PBX, Telepon Bebas Pulsa Berbasis IP Menggunakan Synology DiskStation

Membangun IP PBX, Telepon Bebas Pulsa Berbasis IP Menggunakan Synology DiskStation

Bermula dari kebutuhan sarana komunikasi di kantor kami, meskipun tidak besar masih 2 lantai tapi cukup sulit juga komunikasi kalau tidak ada fasiltas telepon.

Mau pasang Analog PBX kecil masih mikir-mikir mempertibangkan pemasangan dan keruwetan kabelnya, hehe maklum karena dari awal semua jaringan di tempat kami sudah di desain menggunakan wireless. Jadi kami berusaha untuk sarana teleponnya juga harus menggunakan wireless.

Salah satu caranya menggunakan teknologi IP Phone, jadi kami bisa gunakan jaringan wireless yang ada untuk memenuhi kebutuhan telepon kami. Selain itu kami juga bisa berhemat karena kami tidak perlu harus investasi alat lagi.

Rancangan IP PBX

Untuk pesawat telepon kami bisa menggunakan Handphone masing-masing yang kami lengkapi (install) softphone Zoiper yang bisa di download dan di install dari Android Google Play Store, iPhone dan Blacberry  (free). Softphone untuk Versi PC dan Laptop berbasis Windows juga banyak tersedia, salah satunya yang kami gunakan adalah X-Lite Versi Free dari CounterPath

SoftPhone

Sedangkan untuk Server IP PBXnya kami memanfaatkan All In One Server Synology DiskStation di tempat kami yang sudah beroperasi lama sebagai Cloud File Server (Server Penyimpan Dokumen Online). Cukup dengan  mengaktifkan fitur Asterisk yang sudah tersedia di dalam All In One Server Synology DiskStation kami Server Mungil Dengan Kemampuan Serba Bisa :).

Asterisk IP PBX

Cara instalasinya pun sangat mudah cukup masuk ke menu Package Center dari Synology, pada kolom sebelah kiri pilih tab Utility dan pilih Install Asterisk, maka synology secara otomatis akan mendownload system Asterisk dan meng installkan untuk Anda.

Asterisk IP PBX

Proses berikutnya adalah mengkonfigurasi Asterisk untuk membuat DialPlan, membuat Outgoing Calling Rules dan membuat Telepon Extention. Setelah ketiga proses tersebut maka IP PBX sudah siap untuk dioperasikan. Jangan lupa setting juga Account di Zoiper dan X-Lite sesuai dengan IP Server Asterisk, User, Extention dan password.

Setelah itu, Anda bisa melakukan panggilan antar Handphone melalui Zoiper atau dari PC melalui X-Lite tanpa harus memikirkan pulsa lagi alias gratis tis, karena menggunakan jaringan wireless yang ada.

Qualitas suara saat uji coba dengan teman “Pak Sukari” dengan sama-sama menggunakan jaringan Telkom Speedy, hasilnya sangat memuaskan dan tidak kalah dengan jaringan seluler GSM. Coba bayangkan … kalau ini bisa diterapkan di banyak institusi (sekolah) jadi bisa telpon-telponan via HP tanpa pulsa … 🙂 emmmm mak nyus :))

Ok, sementara sampai disini dulu … selamat mencoba …

Yang masih penasaran … ?  SMS saya di 081938685773 / PIN BB 5211702F

Baca Juga Membangun Cloud File Server

Dapatkan berbagai macam alat elektronik kebutuhan anda di Sahabat Tekno Tokopedia
(Mitratek Groups) 081938685773 / PIN BB 5211702F

tokopedia
pulsabook banner

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *