Panduan Setting ProgramMable Timer Digital Kitani

Panduan Setting ProgramMable Timer Digital Kitani

kitaniProgrammable Timer Digital Kitani merupakan alat listrik sederhana dalam bentuk stop kontak yang fleksibel dapat digunakan untuk otomatisasi operasional (ON/OFF) berbagai macam peralatan listrik rumah tangga sesuai dengan waktu yang dikehendaki.

Saat kami melakukan update artikel ini, kami mendapatkan Programmable Timer Digital dengan Merk Kaizer  yang spesifikasi, bentuk dan fungsinya hampir sama, namun memiliki kelebihan mampu melakukan otomasi ON dan OFF hingga 20x dalam sehari, dilengkapi led power indikator dan display waktu hingga satuan detik.  Cara setting dan tata letak tombolnya pun hampir sama persis dengan Kitani.

Programmabel Digital Timer Kitani memiliki kemampuan otomatisasi 8x timer ON dan 8x timer OFF untuk kurun waktu harian hingga mingguan dan dapat di ulang setiap minggunya. Timer ini memiliki kepresisian waktu hingga satu menit dan kemampuan beban power maksimal hingga 3600 Watt.

kitani dan kaizer

Tombol dan Display Programmable Timer Digital Kitani dan Kaizer

TAHAPAN SETTING PROGRAMMABLE TIMER DIGITAL KITANI:

Terdapat dua tahapan / kategory pengaturan (setting) yaitu pengaturan Waktu (Clock) dan pengaturan otomatisasi ON dan OFF (Timer), dimana masing-masing memerlukan setting hari, jam dan menit.

PENGATURAN WAKTU (CLOCK)

1. Setting Hari, untuk setting hari silakan tekan tombol “CLOCK” jangan dilepas dan di ikuti dengan menekan tombol “WEEK” beberapa kali hingga display hari (MO, TU, WE, TH, FR, SA atau SU) telah sesuai.
2. Setting Waktu, untuk setting waktu silakan tekan tombol “CLOCK” jangan dilepas dan di ikuti dengan menekan tombol “HOUR” untuk mengatur jam atau tekan beberapa kali tombol “MINUTE” untuk mengatur menit hingga sesuai.

PENGATURAN OTOMATISASI TIMER

1. Setting Hari, untuk setting hari silakan tekan tombol “TIMER” kemudian tekan tombol “WEEK” beberapa kali hingga display hari (MO, TU, WE, TH, FR, SA atau SU) telah sesuai dengan yang dikehendaki. Pilihan hari bisa lebih dari satu (berulang).

2. Setting Waktu Timer, untuk setting waktu timer silahkan tekan tombol “TIMER” beberapa kali dan amati perubahan display, ON artinya setting timer untuk ON dan OFF artinya setting timer untuk OFF, angka 1 dst adalah nomor urutan timernya.

3. Setting jam dan Menit Timer, untuk setting jam tekan beberapa kali tombol “HOUR” untuk mengatur jam dan tekan beberapa kali tombol “MINUTE” untuk mengatur menit hingga sesuai.

Untitled-2

Contoh Display Setting Timer “ON” Setiap Hari pada jam 17:30 sore
Untitled-3

Contoh Display Setting Timer “OFF” Setiap Hari pada jam 05:00 pagi

Setelah semua pengaturan telah selesai, maka proses berikutnya adalah memilih mode operasional manual On atau OFF, mode AUTO atau Mode Random. Tekan tombol ON/AUTO/OFF beberapa kali untuk memilih mode yang mau di aktifkan.

Programmable Timer Digital Kitani atau Kaizer dapat meringankan tugas kita harian seperti otomatis mematikan beberapa jenis peralatan listrik saat tidak digunakan pada malam hari dan menghidupkannya kembali pada pagi harinya seperti :

  • Mesin pendingin seperti Kulkas atau Dispenser
  • Lampu teras atau lampu taman
  • Charger HP
  • Perangkat Audio Video seperti TV dll

Penggunaan alat ini selain dapat menghemat alat listrik sekaligus juga dapat memperpanjang umur pakai peralatan anda. Karena setiap alat memiliki spesifikasi dari pabriknya yang namanya MTBF (Mean Time Before Failure) atau bisa kita sebut Umur Alat, dimana MTBF ini dihitung sesuai masa pakai alat tersebut. Untuk memberikan gambaran, berikut saya berikan cuplikan diskusi tentang umur masa pakai sebuah alat.

mtbf
Contoh MTBF Untuk Beberapa Jenis TV

Jadi sekarang teman-teman bisa menghitung, kalau TV atau alat listriknya nyala terus 24 jam setiap hari maka umurnya jadi berkurang atau lebih pendek.

Catatan :

TV atau alat listrik yang dimatikan dari remote itu sebenarnya belum mati total alias dalam kondisi standby, namun demikian dalam kondisi ini sebenarnya Power Supply dari alat tersebut masih dalam kondisi hidup dan mengurangi umur alat tersebut.

Kitani dan Kaizer fungsinya cukup sederhana, namun untuk ukuran alat dengan harga kisaran 80 ribu rupiah , alat ini sudah cukup bermanfaat untuk mendukung gerakan ramah lingkungan hemat energi listrik.

Saat ini terdapat juga alat serupa yang lebih cangih yang dapat di kontrol melalui smartphone Edimax SP1101W Socket Power Listrik Pintar

Panduan setting digital timer bisa di download Disini

Ok,…. Selamat mencoba… Semoga bermanfaat….!!
Baca juga Hemat Listrik Melalui Programmable Timer Digital

Dapatkan berbagai macam alat elektronik kebutuhan anda di Sahabat Tekno Tokopedia (Mitratek Groups)

WA 081938685773 / PIN BB 5CDDCB1F

tokopedia

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *