Membaca Kartu Pintar Dengan USB SmartCard RFID Reader

Membaca Kartu Pintar Dengan USB SmartCard RFID Reader

Saat ini trend penggunaan kartu sebagai media transaksi sudah semakin meningkat dengan pesat, banyak merchan / toko telah meyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu / Cashless. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan penggunaan kartu, salah satunya adalah tidak perlu lagi membawa uang cash dalam jumlah yang besar sehingga lebih aman.

Pernah tahu kan bayar tol pakai kartu e tol card atau flash bca, atau mungkin pernah lihat bayar kantin sekolah juga pakai kartu, pinjam buku di perpustakaan juga pakai kartu pelajar atau kartu mahasiswa atau yang lain lagi absensi menggunakan kartu bahkan hingga parkir juga bisa menggunakan kartu. Jadi cukup dengan satu kartu dapat digunakan untuk berbagai layanan.

Ada yang menyebut smartcard atau kartu pintar ada juga yang menyebut kartu RFID karena prinsip kerja kartu ini memang menggunakan frekwensi radio atau Radio Frequency Identifier (RFID).

Tapi tahukan cara membaca kartu ini ??  sebenarnya sangat sederhana dan sangat mudah sekali, alatnya bernama USB RFID Card Reader. Alat ini bekerja sebagai keyboard emulator yaitu bekerja seolah-olah sebagai keyboard komputer dimana USB RFID Reader akan membaca ID dari kartu RFID dan mengirimkan ouputnya ke komputer melalui port USB seperti inputan dari keyboard.

USB RFID Card Reader
USB RFID Card Reader

Terdapat beberapa jenis RFID Reader ada yang frequency 125 Khz dan ada yang 13.56 Mhz. Untuk yang 13.56 Mhz dapat untuk membaca ID dari e-KTP dan beberapa jenis kartu elektronik yang lain.

Video berikut merupakan demo penggunaan RFID Card Reader :

Tertarik ?? …. silahkan kunjungi toko online kami :

https://www.tokopedia.com/sahabattekno/usb-rfid-smartcard-reader-bonus-1-kartu-rfid

Untuk yang mau belajar koding dengan PHP, bisa download contoh program absensi sederhana menggunakan USB SmartCard RFID Reader Free di Cloud Server Synology kami :)  download

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *